Rabu, 09 Juli 2014

SCORPIO HOLIC MACHINE




Filter Oli Scorpio Z Bisa Tukar Pakai Ke Jupiter MX
Kampas Rem
Terutama untuk rem depan. “Milik New Jupiter Z sama dengan Vega ZR, Jupiter MX, Mio Soul, New Mio Sporty, V-Ixion,” terang mekanik biasa dipanggil Puku itu. Sedang Scorpio sama dengan milik F1Z-R dan Jupiter Z.

Kampas rem belakang? “Semua bebek Yamaha terbaru sama,” lanjutnya. Bebek keluaran lama juga punya kesamaan, antara Crypton, Vega dan F1Z-R.

“Semua skutik kampas rem belakang juga sama, namun jika ingin lebih pakem bisa pakai milik bebek New Vega R, karena lapisan kampas lebih panjang dan lembut,” lanjut pria asli Lampung ini.

Kampas Kopling
Jika milik Vega ZR aus, bisa ganti punya New Jupiter Z. “Harga dan bentuk sama,” terangnya lagi. Sedang bebek generasi sebelumnya semua sama, walaupun ada perbedaan part number dan harga, namun bisa saling menggantikan.

Antara Scorpio dan V-Ixion sama. “Tapi bahan lebih bagus milik Scorpio, harganya juga lebih murah,” terangnya sambil menambahkan milik Scorpio Rp 140 ribu, V-Ixion Rp 200 ribu. Untuk kampas kopling skutik, semua varian juga sama. “Kecuali Xeon tentunya, karena basis mesinnya kan lain.”

CDI
“Yang sama persis milik Mio Sporty dan Mio Soul,” lanjut mekanik berputra 2 ini.

Filter Oli
Mesti diganti tiap 8 ribu km. Terdapat pada New Jupiter Z, Vega ZR, V-Ixion dan Scorpio. Untuk tiga tipe pertama sama persis, terbuat dari kertas. “Yang beda dan lebih awet, tapi bisa juga dipakai, yakni milik Scorpio. Karena dari tembaga, jadi bisa dicuci,” lanjutnya sambil menambahkan harganya Rp 80.000, sedang yang kertas Rp 25.000.

Aki
“Antara New Jupiter Z, Mio Soul, V-Ixion, Xeon sama, pakainya aki kering. Sedang Vega ZR kesamaannya dengan Mio Sporty dan Jupiter MX,” paparnya lagi.

Bohlam
Buat lampu belakang semua varian sama. Sedang bohlam depan dibedakan dari jenis lampu. Sesama pemakai lampu dua, kayak New Jupiter Z sama dengan Jupiter Z lama. Sedang lampu tunggal, seperti Vega ZR sama dengan Jupiter MX.

Sil Sokbreker
Sil sokbreker depan jika dibiarkan bocor, lama-lama oli habis, peredaman tak nyaman dan bikin as sokbereker baret. Tak perlu susah mencari, karena semua bebek Yamaha sama, berdiameter 26 mm. Varian sport V-Ixion dan Scorpio juga sama-sama 33 mm.

Busi
Pemercik api di ruang bakar yang sama antara Vega, Vega R, Vega ZR, Jupiter, Jupiter Z, New Jupiter Z, Crypton.
OTOMOTIF - Laher komstir Yamaha bisa saling tukar. Dari tipe bebek, skubek dan sport. Sehingga bagi yang tinggal di daerah dan menggunakan skubek Nouvo, tidak perlu takut kesusahan mencari laher komstir lantaran motornya sudah mulai jarang. Ini kejadian yang langsung dialami Em-Plus. Ketika mudik ke Indramayu, Jawa Barat, servis Yamaha Nouvo di bengkel resmi Yamaha PT Jaya Mandiri Gemasejati. Gejalanya setang setir berat saat motor diajak berbelok. Tetap berat meski mur komstir sudah dikendurkan. Akhirnya ditangani langsung oleh kepala mekanik yang punya nama Tata Kuswata. Setelah dibongkar, ternyata dudukan bola-bola atau pelor sudah aus dan konturnya naik-turun. Dianjurkan laher set komstir (race ball) diganti. Duh, kaget juga! Lantaran Yamaha Nouvo unitnya sedikit. Jangan-jangan stok spare-partsnya langka atau malah tidak ada. Apalagi laher komstir bukan termasuk fast moving yang waktu penggantiannya cukup lama.
Namun rasa cemas itu sirna. "Laher komstir tiap tipe Yamaha sama. Jadi bisa saling tukar. Yamaha Nouvo bisa pake dari Mio atau Jupiter-Z," jelas Tata dari bengkelnya di Widasari, Jatibarang, Indramayu. Lebih rinci Tata membuka buku katalog spare-parts Yamaha. "Kode race ball bagian atas semua tipe bebek, skubek, RX-King dan RX-Z yaitu 22F-WF234-00. Sedang yang bawah 156-WF234-00, " cerita Tata. Harga kedua laher komstir atas-bawah itu sama. Yaitu Rp 36.300. Total kalau ganti atas-bawah tinggal dikalikan dua. Itu sudah dapat satu set, terdiri dari bola dan sangkar serta dudukannya komplet. Mau?

Cincin asli Yamaha rapat memegang as. Pasangnya juga harus dipres atau diketok

SCORPIO DAN V-IXION.
Untuk motor sport sekarang, Yamaha tidak main-main. Seperti untuk Scorpio dan V-ixion, set laher komstir lebih gede. Sehingga beda dengan bebek atau skubek. "Tapi antara punya Scorpio dan V-ixion, juga sama persis dan bisa saling tukar," jelas Tata yang berulit sawo matang itu. Dijelaskan lebih rinci juga sambil juga buku katalog komponen Yamaha. Kode laher set Scorpio dan V-ixion adalah 5BT-WF341-00. Dijual satu set atas-bawah. Jadi tidak dijual terpisah. Mungkin karena lebih gede dan unit motornya juga lebih sedikit, harga yang ditawarkan lumayan tinggi. Satu set dilego Rp Rp 392.700. Lumayan beda jauh dibanding untuk tipe bebek dan skubek.

JANGAN PILIH IMITASI
Harga yang ditawarkan komponen imitasi memang menggiurkan. Satu set laher komstir untuk atas atau bawahnya berkisar Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Tapi, risikonya bisa dua kali lipat. Seperti dialami Gatot Subagio pada Yamaha Nouvo miliknya. Manajer bengkel resmi Jaya Mitra Abadi itu lantaran terburu-buru dan kejadiannya di tengah jalan, sembarang pasang pakai versi imitasi. Anehnya laher komstir tidak bisa diseting sempurna. "Kalau dikendorin malah kelewat longgar dan oblak. Begitu dikencangkan malah jadi terasa sangat berat. Setang setir repot dibawa belok kiri-kanan," jelas Gatot dari bengkelnya di Jl. Mustiksari, No. 10, Bekasi Timur. Itu karena kurang presisi. Biasanya laher komstir imitasi kurang pas ketika dipasang. Akibatnya, meski mur dikencangkan tetap saja seperti masih oblak. "Cincin laher seperti longgar dipasang di as komstir," jelas Tata.
Rantai keteng
Ukuran ini hampir sama dengan milik Honda Grand yang 25H-84. Bedanya pelat rantai lebih tebal dan keras (H=Hard), jumlah mata 84 sama dengan punya Crypton, Vega dan Jupiter(non z). Jadi bisa saling tukar dengan Grand.

Berikut tabel untuk membantu para sahabat untuk memperlancar saling tukar rantai keteng tersebut.


KODE:          MOTOR:
25-84           Yamaha crypton, Vega dan Jupiter(bukan z)
25H-82         Honda C-50, C-70
25H-84         Honda Grand, Supra, Prima, Win, C-800
25-H86         Honda C-90
25-H88         Honda Legenda, Supra fit, Kawasaki Kaze dan Blitz 110
25-H98         Honda CB-100, GL-100, GL-Max, Gl-125, CB-125
25H-100       Honda CB tua tahun 75 kebawah.
2005-88        Suzuki Smash
2005-92        Honda Karisma, Kirana, Suzuki Shogun 125
2005-100      Honda GL-Pro Neo-Tech, Mega Pro
2005-102      Honda Tiger

Kampas kopling
Kampas rem, untuk kampas rem depan bagi yamaha jupiter Z dapat diganti dengan kepunyaan yamaha vega ZR, jupiter MX,mio soul , Mio sporty dan vixion, atau sebaliknya. Untuk kampas rem belakang semua bebek yamaha sama dan bisa saling tukar, kecuali dengan yamaha new jupiter MX yang mempunyai rem cakram di roda belakang. Untuk skutik juga sama dapat saling tukar.
Kampas kopling, bila sudah saatnya diganti maka untuk motor vega zr bisa memakai kepunyaan yamaha new jupiter. Harga dan bentuknya sama. Dan untuk semua bebek versi lama, bisa saling tukar meskipun ada perbedaan part number dan harga. Akan lebih bijak bila memilih dengan harga yang paling murah. Untuk motor sport antara yamaha vixion dan scorpio kampas koplingnya dapat saling ganti, tetapi untuk kampas kopling scorpio dianggap mempunyai kualitas yang lebih bagus dari vixion. Dan kelebihannya lagi adalah kampas kopling scorpio lebih murah harganya dibanding kepunyaan vixion. Untuk skutik kampas koplingnya semua sama, kecuali yamaha xeon yang mesinnya 125cc.

Datar Substitusi parts Jupiter MX

Posted by Didin pada Juni 23, 2007
Motor generasi baru biasanya ditakuti. Takut karena susah cari komponen pengganti. Maklum, motor baru, mungkin edaran komponen belum seluas tipe lama. Padahal tidak begitu. Dipastikan punya banyak persamaan dengan motor sebelumnya. Sama halnya Jupiter MX.
Apalagi pinsip pabrikan menganut paham efisiensi. Artinya, bikin komponen baru tidak perlu investasi cetakan baru. Cukup menfaatkan yang sudah ada. Maklum, biaya satu cetakan bisa tembus milyaran rupiah.
Untuk itu saling tukar komponen biasa dilakukan. Tapi akan lebih baik jika mengumpulkan data substitusi yang direkomendasi pabrikan. “Kalau cuma asal masuk, kami nggak menjamin. Tapi memang beberapa komponen Jupiter MX sama dengan beberapa tipe Yamaha lain,� jelas Muhamad Abidin, Manager Technical Department-Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).
Dari masukan Abidin tadi, yuk buka buku daftar parts milik Yamaha. Terbukti ada beberapa komponen sama. “Kalau mau substitusi memang harus berdasarkan kode parts, tidak semata berpatokan pada ukuran dan bentuk,� lanjut Abidin lagi.
Abidin memberi contoh antara monosok Jupiter MX dengan Scorpio. “Secara bentuk dan ukuran sama, tapi tingkat kekerasan beda. Sebaiknya jangan saling tukar,� ceritanya. Beliau juga bilang, katanya khusus Jupiter MX di bagian mesin semua baru. Karena itu nggak ada yang sama dengan produk Yamaha lain. Ingat itu!
Berikut daftar komponen substitusi Jupiter MX dengan beberapa tipe Yamaha lain. Komponen ini dipastikan punya kode sama. Makanya bisa pas dan disetujui PT YMKI.
1. Hub atau panel teromol belakang (dudukan kampas rem) = Scorpio atau RX-King
2.Kampas rem belakang = Yamaha Scorpio atau RX-King
3.Aki = Semua bebek Yamaha
4.Koil = Yamaha F1Z-R
5.Sekring (fuse) = Yamaha Mio
6.Klakson = Yamaha Nouvo
7.Main switch (sakelar utama) = Semua Yamaha, hanya beda di panjang kabel

Tidak ada komentar:

GELATIK MENCARI CINTA